Lompat ke konten
Beranda » Blog » Ketahui 11 Ciri Ciri Kompresor AC Rusak

Ketahui 11 Ciri Ciri Kompresor AC Rusak

Pemilik AC wajib tahu ciri ciri kompresor AC rusak sehingga dapat mengantisipasi kerusakan yang lebih serius pada sistem pendinginan ruangan Anda. Hal ini karena kondisi kompresor AC memiliki peran sentral dalam menjaga efisiensi dan kenyamanan sistem pendinginan.

Penyebab kerusakan kompresor AC bisa bermacam-macam. Identifikasi tanda-tanda kerusakannya penting untuk mengetahui kondisinya. Lalu, apa saja ciri ciri kompresor AC rusak? Jika Anda penasaran jawabannya, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Ciri Ciri Kompresor AC Rusak

Kerusakan pada kompresor AC dapat menyebabkan berbagai masalah pada sistem AC. Penting untuk mengenali ciri ciri kompresor AC rusak, agar kenyamanan di rumah atau kantor Anda tetap terjaga. Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan kompresor AC Anda sedang mengalami atau sudah mengalami kerusakan:

1. Suhu AC tidak Dingin

Ciri ciri kompresor AC rusak yang paling jelas terasa adalah ketidakstabilan suhu ruangan meskipun AC dalam keadaan menyala. Hal ini disebabkan oleh penurunan kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan karena kompresor tidak lagi efisien dalam menempatkan refrigeran.

Apabila mengalami kondisi seperti ini, apakah kompresor AC yang rusak dapat diperbaiki? Kemungkinan untuk memperbaiki kompresor AC tergantung pada tingkat kerusakan. Kompresor yang sudah rusak parah sebaiknya diganti dengan yang baru agar kemampuannya dapat pulih sepenuhnya.

2. Kompresor Sering Mati

Kondisi di mana AC sering mati sendiri atau terasa panas saat disentuh menandakan adanya kerusakan pada kompresornya. Hal ini biasanya disebabkan oleh beban kerja yang berlebihan pada kompresor yang rusak.

Fenomena tersebut seringkali disertai dengan masalah overheat. Jika situasi ini terjadi berulang kali, sebaiknya tidak memaksakan AC untuk tetap menyala atau beroperasi. Langkah ini diperlukan agar tidak memperburuk kondisi kerusakan yang ada.

3. Sering Terjadi Trip Pada Circuit Breaker

Salah satu ciri ciri kompresor AC rusak adalah seringnya terjadi trip pada circuit breaker. Kompresor yang mengalami kerusakan cenderung menarik arus yang lebih tinggi dari biasanya, yang dapat menyebabkan trip pada circuit breaker.

Baca juga: 12 Penyebab AC Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Keadaan ini, jika terus dibiarkan, dapat berdampak pada komponen-komponen lainnya dalam sistem AC. Sebaiknya, perbaiki masalah ini secepat mungkin untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Sehingga dapat mencegah biaya perbaikan yang tinggi.

4. Timbul Suara Bising

Pasti Anda pernah mengalami situasi di mana AC di ruangan tiba-tiba mengeluarkan bunyi yang tidak biasa. Bunyi ini sering kali disebabkan oleh kerusakan pada salah satu komponen utamanya, yaitu kompresor AC. Kompresor AC yang mengalami kerusakan sering kali menghasilkan suara berdengung, bergetar, atau terdengar seperti benda keras yang bertabrakan.

Bunyi bising ini umumnya disebabkan oleh kerusakan internal pada kompresor AC. Selain itu, kemungkinan adanya masalah pada bantalan kompresor. Bantalan kompresor biasanya memiliki bentuk cincin dengan logam kecil di bagian tengahnya yang berfungsi sebagai penahan bantalan.

5. Terjadi Kebocoran Pada Refrigeran

Terjadinya kebocoran pada refrigeran bisa menjadi ciri ciri kompresor AC rusak. Kebocoran ini umumnya terjadi di beberapa titik dalam sistem AC. Namun, jika kebocoran terjadi langsung di sekitar kompresor, hal ini mengisyaratkan adanya kerusakan pada segel atau bagian internal kompresor itu sendiri.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu menggunakan jasa maintenance AC profesional. Dengan melakukan maintenance rutin, teknisi dapat memeriksa kondisi kompresor dan sistem AC secara menyeluruh. Serta mengidentifikasi potensi kebocoran atau masalah lainnya sebelum mereka berkembang menjadi masalah yang lebih serius.

Ini akan membantu menjaga kinerja dan umur operasional AC Anda, serta mengurangi kemungkinan gangguan yang tidak diinginkan dalam penggunaan sehari-hari.

6. Kompresor Mati

AC yang mengalami kerusakan seringkali tidak akan dapat beroperasi sama sekali. Penyebab utamanya adalah matinya kompresor, yang bisa disebabkan oleh masalah pada kabel atau relay. Kondisi ini menandakan bahwa kerusakan yang terjadi pada AC sudah sangat parah.

Oleh karena itu, AC tidak dapat lagi digunakan dan umumnya memerlukan penggantian dengan unit baru untuk memulihkan fungsi pendinginan yang optimal.

7. Keluar Bau Tak Sedap

Apabila AC di ruangan Anda mengeluarkan bau yang tidak sedap, hal ini mungkin menjadi ciri ciri kompresor AC rusak. Bau tidak sedap ini sering kali mirip dengan aroma hangus atau bau bahan kimia yang terbakar.

Bau tersebut bisa muncul karena adanya kebocoran atau overheating pada bagian Freon atau refrigerant dalam sistem AC. Disarankan untuk segera mematikan AC jika Anda mulai mencium ciri-ciri tersebut, untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada unit dan menjaga kenyamanan serta keamanan lingkungan di sekitar Anda.

8. Sering Terjadi “Short Cycling”

Short cycling adalah istilah yang di gunakan untuk menggambarkan kondisi di mana kompresor AC sering menyala dan mati secara cepat atau berulang-ulang tanpa mengikuti siklus normal. Jika Anda mengalami ciri ini pada AC Anda, kemungkinan besar kompresor sudah mengalami kerusakan.

Komponen ini tidak lagi mampu memulai atau mempertahankan performa operasionalnya dengan baik, yang dapat mengakibatkan gangguan dalam fungsi pendinginan dan efisiensi energi unit AC Anda. Sebaiknya, segera konsultasikan ke teknisi AC untuk melakukan perbaikan atau evaluasi lebih lanjut terhadap masalah ini.

9. Terjadinya Kebocoran

Biasanya, AC hanya memerlukan pengisian freon atau refrigerant sesekali saja. Namun, jika AC mulai membutuhkan pengisian freon atau refrigerant secara teratur, hal ini bisa menunjukkan adanya kerusakan pada kompresor AC.

Baca juga: 5 Penyebab Freon AC Bocor yang Wajib Diketahui

Kondisi ini mengindikasikan bahwa komponen tersebut telah mengalami kebocoran, yang mengakibatkan freon atau refrigerant cepat habis dari sistem AC. Penting untuk segera memeriksakan AC kepada teknisi terlatih untuk menangani perbaikan dan mengatasi masalah kebocoran ini dengan tepat.

10. Tagihan Listrik Membengkak

Pernahkah tagihan listrik Anda tiba-tiba meningkat secara signifikan? Jika ya, ini bisa menjadi tanda bahwa salah satu perangkat elektronik Anda mengalami masalah. Sebagai contoh, AC yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan lonjakan konsumsi daya listrik yang tidak wajar.

Hal ini di sebabkan oleh kondisi kompresor AC yang sudah rusak dan tidak lagi efisien dalam mengoperasikan unit pendinginannya. Penting untuk segera memeriksa dan memperbaiki AC yang bermasalah untuk menghindari pembengkakan lebih lanjut dalam tagihan listrik Anda.

11. Timbulnya Getaran Saat AC Nyala

Sebuah AC yang beroperasi normal seharusnya tidak menghasilkan suara atau getaran yang signifikan ketika dalam keadaan menyala. Namun, jika Anda menemukan AC di rumah Anda bergetar saat berfungsi, ini bisa menjadi ciri ciri kompresor AC rusak.

Getaran yang tidak biasa seperti ini mengindikasikan bahwa terjadi kegagalan pada komponen internal AC, seperti kompresor. Penting untuk segera memeriksa dan menangani masalah ini agar tidak mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada unit AC Anda.

Itulah 11 ciri ciri kompresor AC rusak yang perlu Anda ketahui. Untuk memperbaiki kerusakan pada kompresor AC, Anda bisa menggunakan jasa service AC Vista Solutions yang telah terbukti handal dalam menangani berbagai jenis permasalahan sistem AC.

Baik untuk skala rumah tangga maupun skala industri. Dengan dukungan teknisi yang berpengalaman dan menggunakan teknologi terkini, Anda dapat yakin bahwa AC Anda akan kembali berfungsi dengan optimal setelah mendapatkan perawatan dari kami. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan layanan AC professional kami!