Lompat ke konten
Beranda » Blog » 6 Cara Perawatan AC Rumah Supaya Lebih Awet

6 Cara Perawatan AC Rumah Supaya Lebih Awet

Memang benar bahwa cara perawatan AC rumah susah-susah gampang. Namun, perawatan yang tepat sangat berpengaruh pada umur AC, sehingga dapat bertahan lebih lama. Sebaliknya, jika AC tidak dirawat dengan baik, komponen-komponennya akan cepat rusak, mengakibatkan umur AC menjadi lebih pendek.

Saat ini, AC telah menjadi kebutuhan pokok dalam banyak hunian, terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Di satu rumah, bisa terdapat hingga 3-4 unit AC yang terpasang di berbagai ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara perawatan AC rumah yang benar? Yuk langsung saja simak penjelasannya dibawah ini!

Cara Perawatan AC Rumah

Pernah tidak Anda merasa kesal karena sudah menyalakan AC sampai suhu terendah, tapi udara di ruangan masih terasa panas? Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya perawatan yang optimal terhadap AC yang Anda miliki.

Ketika AC tidak terawat dengan baik, performanya dapat menurun drastis sehingga udara yang dihasilkan tidak lagi terasa sejuk seperti seharusnya. Hampir dapat dipastikan bahwa AC yang tidak lagi memberikan udara sejuk disebabkan oleh kotoran yang menumpuk di berbagai bagian unit AC tersebut.

Selain mempengaruhi performa pendinginan, kondisi ini juga berdampak pada peningkatan konsumsi listrik hingga 30%. Tentu saja, ini bukanlah hal yang diinginkan oleh siapapun. Oleh karena itu, penting untuk mengambil kebiasaan merawat AC secara teratur.

Baik dengan melakukan perawatan mandiri seperti membersihkan filter secara berkala maupun dengan memanggil tenaga profesional untuk service rutin. Dengan melakukan perawatan yang tepat, AC dapat tetap berfungsi secara optimal dan memberikan udara yang sejuk seperti baru dipasang.

Adapun beberapa perawatan yang bisa dilakukan agar AC senantiasa menjaga kinerjanya antara lain adalah membersihkan filter secara teratur. Selain itu, memeriksa dan mengganti refrigeran jika diperlukan, serta memastikan semua bagian unit AC berfungsi dengan baik.

Nah supaya AC rumah tetap awet dan berfungsi dengan baik, pastikan Anda menerapkan cara perawatan AC rumah berikut ini:

1. Bersihkan Panel Unit Indoor AC

Luangkan waktu setidaknya sekali seminggu untuk membersihkan panel indoor dari unit AC yang Anda miliki. Seringkali, akumulasi debu yang menempel pada panel tersebut menyebabkan udara yang dihasilkan AC tidak lagi terasa sejuk. Hal ini terjadi karena udara yang dikeluarkan oleh AC sudah bercampur dengan debu yang menempel pada panel unit.

Baca juga: Ketahui 11 Ciri Ciri Kompresor AC Rusak

Membersihkan panel indoor AC secara teratur tidak hanya efektif dalam menjaga agar udara yang dihasilkan tetap segar dan sejuk. Tapi juga menjaga penampilan unit AC agar selalu terlihat bersih dan terawat. Dengan begitu, AC Anda akan tetap berfungsi optimal dan tampil bersih sepanjang waktu.

2. Cuci dan Lap Filter AC

Salah satu penyebab umum AC tidak terasa dingin adalah filter AC yang kotor. Salah satu cara perawatan AC rumah yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan filter AC sendiri secara teratur, setidaknya seminggu sekali.

Caranya cukup mudah, cukup buka panel depan unit AC dan lepaskan filter udara dari tempatnya. Cuci filter tersebut dengan air mengalir agar semua debu yang menumpuk bisa terbuang. Pastikan untuk mengeringkan filter dengan cara mengelapnya sebelum memasangkannya kembali ke dalam unit AC.

Membersihkan filter AC secara rutin tidak hanya menjaga agar AC tetap berfungsi efisien dan mampu mendinginkan ruangan dengan baik. Ini juga membantu meningkatkan kualitas udara yang dikeluarkan. Dengan begitu, AC Anda akan tetap optimal dalam kinerjanya dan dapat memberikan udara bersih serta sejuk bagi ruangan.

3. Pemeliharaan Rutin oleh Teknisi

Terdapat beberapa aspek dalam pemeliharaan AC yang dapat dilakukan sendiri, tetapi ada juga perawatan tertentu yang sebaiknya diserahkan kepada teknisi profesional. Misalnya, pembersihan menyeluruh semua komponen pada unit AC, baik bagian dalam unit indoor maupun outdoor, serta pemeriksaan tekanan freon.

Disarankan untuk melakukan pemeliharaan rutin ini setiap tiga bulan sekali. Tindakan pemeriksaan yang teratur dapat memperpanjang umur AC Anda dan memastikan udara yang dihasilkan tetap sejuk dan bersih sepanjang tahun. Dengan begitu, AC Anda dapat berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama.

Anda dapat menggunakan jasa perawatan AC profesional untuk memastikan AC Anda tetap dalam kondisi optimal. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa AC Anda beroperasi dengan efektif dan memberikan udara yang sejuk serta bersih untuk kenyamanan ruangan Anda.

4. Periksa Mesin Secara Berkala

Mesin AC merupakan investasi penting yang memerlukan perawatan rutin untuk memastikan kinerjanya tetap optimal dan umurnya lebih panjang. Seperti halnya peralatan elektronik lainnya, penggunaan yang terus-menerus dapat menyebabkan keausan pada komponen-komponen mesin AC.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menjadwalkan perawatan secara berkala oleh teknisi ahli. Dengan melakukan perawatan yang teratur, Anda dapat memastikan bahwa mesin AC berfungsi dengan baik dan tidak mengalami penurunan kinerja yang signifikan.

5. Biasakan Memakai Timer

Cara perawatan AC rumah yang berikutnya adalah dengan menggunakan timer. Menyalakan AC sepanjang hari dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan berpotensi mempengaruhi kualitas udara yang dihasilkan serta meningkatkan tagihan listrik.

Baca juga: Idealnya Perawatan AC Berapa Bulan Sekali? Ini Jawabannya!

Terkadang, kita mungkin lupa mematikan AC karena kesibukan atau tanpa disadari bahwa AC masih menyala. Oleh karena itu, disarankan untuk mengintegrasikan penggunaan timer pada AC agar dapat mematikannya secara otomatis. Ini dapat membantu mengatur konsumsi energi secara efisien dan meminimalkan risiko lupa mematikan AC.

6. Hindari Suhu Terlalu Rendah

Mengatur suhu AC dengan tepat adalah salah satu langkah krusial dalam merawat AC agar dapat bertahan lama dan tetap memberikan udara yang sejuk. Idealnya, suhu AC yang disarankan untuk dipasang minimal adalah 22 derajat Celsius. Hal ini karena mengatur suhu lebih rendah dari ini dapat meningkatkan beban kerja mesin AC.

Mesin yang bekerja pada suhu yang terlalu rendah cenderung mengalami penurunan performa seiring waktu karena lebih cepat mengalami keausan. Oleh karena itu, menjaga suhu AC pada level yang optimal adalah penting untuk menjaga kualitas dan keandalan AC dalam jangka panjang.

Nah Anda bisa menerapkan cara perawatan AC rumah yang telah kami jelaskan diatas. Jika Anda membutuhkan jasa service AC profesional dalam menangani permasalahan AC di rumah Anda, Vista Solutions merupakan pilihan yang sangat tepat.

Kami memiliki tim teknisi yang berpengalaman dan terlatih. Kami juga memastikan menyediakan layanan yang komprehensif dalam perbaikan, perawatan, dan instalasi AC. Dengan berbagai solusi yang ditawarkan, layanan AC kami tidak hanya menjamin penyelesaian masalah AC Anda dengan cepat dan efisien. Tetapi juga memberikan kepercayaan dan keamanan dalam memastikan kenyamanan udara di rumah Anda tetap terjaga.

Untuk menggunakan layanan pemasangan, perawatan dan perbaikan AC professional, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami pastikan memberikan kepuasan untuk setiap layanan yang Anda pesan!